Informasi:

Ini merupakan blog yang berisi tips dan trick yang berguna bagi kita sehari hari, juga berisi tips dan motivasi bisnis

Jumat, 30 Oktober 2015

5 Aplikasi Chating Berbahaya Untuk Anak Yang Wajib Anda Ketahui

5 Aplikasi chating berbahaya untuk anak
Sebagai orang tua kita pasti khawatir dengan perkembangan teknologi komunikasi sekarang ini. Di sisi lain memberi kemudahan komunikasi di seluruh dunia, namun di sisi lain ada akibat buruk untuk anak jika tidak bisa mengontrol apa yang mereka lihat dan instal di smartphone mereka.

Banyak aplikasi yang berbahaya yang beredar di play store, di app store dan lainnya. Contohnya aplikasi i-dozer yang lagi heboh yang katanya bisa membuat penggunanya fly seperti menggunakan narkoba hanya dengan $10 dolar per download, sangat murah untuk kantong anak dan remaja kita.

Kalau itu mungkin kita sudah faham karena media banyak menyorotnya, tetapi ada aplikasi chat dan sosmed yang keberadaannya sangat membahayakan anak dan remaja kita jika mereka salah menggunakannya dan kita tidak mengetahuinya.

Apakah aplikasi yang berbahaya untuk anak tersebut ?
Berikut 5 aplikasi yang berbahaya untuk anak dan remaja :

1. Tinder
Tinder merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya membuat profil dan menemukan gambar yang ditemukan dari pertandingan romantis di profil lainnya. Mereka bisa menemukan mitra romantis yang mereka inginkan. Mereka dapat melakukan percakapan rahasia dan mengirimkan gambar romantis yang hanya dapat diketahui mereka.

Syarat menjadi anggota hanya perlu punya facebook dengan usia diatas 18 tahun, tapi kan ini gampang di atur di facebook, usia bisa dimanipulasi.

Ini tentu berbahaya bagi anak, karena mereka bisa salah berteman dengan seorang phedofill, predator sex, scammer dan lainnya yang membahayakan jiwa dan nyawa anak anak kita, tentunya aplikasi ini sangat berbahaya dan jika anda mengetahui anak menggunakan aplikasi ini harus menghentikannya.

2. Snapchat
Snapchat merupakan aplikasi chating berkirim pesan dan gambar yang akan terhapus otomatis selama beberapa detik dan akan menghilang dengan sendirinya. Orang akan mengira ini aman, sehingga banyak yang mengirimkan gambar pose tidak semestinya mereka untuk di kirimkan ke mitra mereka yang dikira mereka aman karena akan terhapus dengan sendirinya.

Tapi para hacker telah berhasil menghack snapchat dengan berhasil menyadap jutaan foto foto tidak senonoh dari snapchat. Bisa jadi salah satu foto itu adalah foto anak kita jika kita mengontrol aktifitas smartphone mereka.

Juga ada beberapaa remaja ditangkap karena mengedarkan foto foto gadis remaja bugil yang mereka dapatkan dari snapchat.

Jadi kita harus mengingatkan dan memonitor anak kita jika menggunakan snapchat pastikan hanya melakukan percakapan dengan orang yang dikenal baik dan tidak mengirim gambar tidak senonoh.

3. Vine
Vine merupakan aplikasi berbagi video yang akan terhapus selama 6 detik. Mungkin para pengguna vine merasa aman video mereka dibagikan karena akan terhapus dengan sendirinya selama 6 detik.
Ini sangat berbahaya jika anak menggunakannya untuk mengirimkan video tidak senonoh dirinya. Mereka kadang ingin eksis di media social dengan melakukan sesuatu yang menurut mereka membanggakan, padahal bisa menjadi komoditi sex bagi pengguna lainnya yang bisa di salah gunakan.

Memang ada vine untuk anak yang tidak ada fitur mengirim video, tapi apa iya anak maau menggunakan fitur ini, karena aturannya juga tidak ada, orang juga tidak mengetahuinya.

jadi jika anda ingin anak anda terkontrol, anda harus menjadi teman mereka di facebook atau lainnya dengan menyamar menjadi teman sebaya mereka yang tidak disadari mereka untuk mengontrol apa saja yang mereka lakukan daan ikuti.

4. 9Gag
9Gag Merupakaan  aplikasi populer saat ini untuk mengirimkan foto dan meme secara online. Yang membahayakan untuk anak adalah semua foto yang dikirimkan dari siapapun bisa diakses oleh anak anda taanpa ada filter yang menyaring gambar tersebut. Jadi bisa jadi anak anda akan melihat foto kekerasan sexsual, foto porno dan lainnya yang membahayakan mental dan jiwa mereka.

Banyak juga yang menggunakan 9Gag ini untuk melakukan cyber bully dengan orang yang mereka bully di internt. Sehingga bisa mengakibatkan perkelahian dan lainnya jika ada yang tidak terima dengan tindakan tersebut.

Maka sebaiknya sebagai orang tua kita harus mengontrol apa aplikasi yang digunakan oleh anak kita

5. Whisper
Whisper merupakan aplikasi curhat secara online, jadi bisaa menjadi ajang curhat anak dan remaja yang tidak bisa melakukan dengan orang tua atau teman dekat mereka. Bisa digunakan untuk mengirim rumor dan pesan rahasia. Bisa memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan teks dan gambar anonim.

Tetapi bahayanya whisper ini meskipun kelihatannya rahasia namun bisa menunjukkan lokasi, sehingga teman dengan lokasi terdekat akan mengetahui rahasia pengguna yang mencurahkan masalah pribadi mereka di dekat lokasi mereka. jika mereka jahat akan memudahkan mereka menemukan sang pencurhat tadi.

Selain itu masih banyak aplikasi berbahaya yang beredar, tapi lain kali saya akan postingkan.
Maka sebagai orang tua kita harus waspada dan selalu memonitor setiap aktivitas smartphone anak kita dengan memasang aplikasi pemantau yang banyak beredar di internet, dan carilah yang terpercaya misal flexispy.

Karena kalau sudah terjadi kita sebagai orang tua akan menyesal seumur hidup. Salah seorang teman saya juga menjadi korban dari ganasnya zaman serba canggih ini, karenaa terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga anaknya tidak terkontrol menggunakan hpnya. Sehingga bisa berkenalan dengan orang asing via facebook dan berlanjut via BBMan. Akhirnya anaknya yang masih SMP dibawa kabur teman dekatnya itu sampai seminggu baru ketemu.

Tapi semua sudah terlambat, anak gadis kesayangannya sudah kehilangan keperawanannya. Yang terjadi hanya penyesalan seumur hidup orang tua dan juga masa depan anaknya.

Semoga bermanfaat.


Share it Please

bisnis sukses

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 INFORMASI DAN TIPS. Designed by Templateism | Love for The Globe Press