Informasi:

Ini merupakan blog yang berisi tips dan trick yang berguna bagi kita sehari hari, juga berisi tips dan motivasi bisnis

Rabu, 21 Oktober 2015

Tips Cepat dan Mudah Menghentikan Kebiasaan Merokok

Cara Cepat Berhenti merokok
Indonesia merupakan pangsa pasar konsumen rokok dunia. Maka tidak heran para investor rela merogoh kocek jutaan dolar untuk investasi di bisnis rokok ke Indonesia. Misal Marlboro yang mengakuisisi sampoerna. Yang belum diakuisisi cuma gudang garam dan djarum super serta industri kecil rokok skala kecil.

Memang industri rokok memberi jutaan lapangan kerja bagi masyarakat, tapi juga membawa masalah besar bagi masyarakat. Masyarakat ditipu dengan iklan rokok yang keren dan gaya, padahal bahaya merokok sangat besar dari flek paru, kanker dan bahkan kematian. Tapi para pemakai rokok yang kebanyakan rakyat menengah ke bawah yang hidupnya pas pasan yang belum mengerti atau cuek dengan kesehatan mereka. Mereka mengaku miskin dengan mengatakan bahwa menyekolahkan anak tidak ada biaya, tetapi dengan membeli rokok 10rb per bungkus per hari mereka sanggup. Sungguh ironi dan berhasil fikiran rakyat Indonesia dijajah pengusaha rokok ini.

Bagi anda yangsudah kecanduan merokok memang sangat berat untuk berhenti, meskipun sebentar. Karena mereka memilih tidak makan daripada tidak merokok, karena zat zat adictif merokok sudah banyak merasuk ke dalam otak mereka pecandu rokok. Seperti narkoba, para pecandu rokok jika tidak merokok sejam saja sudah bingung, pahit mulutnya dan linglung kehilangan inspirasi, persis seperti kena narkoba.

Meskipun berat tapi bisa kita menghilangkan kebiasaan merokok tersebut kalau mau. Banyak teman teman saya berhenti merokok karena sudah terlanjur sakit paru paru dan lainnya, bahkan anaknya juga terkena flek paru karena ayahnya yang perokok. Lalu bagaimana cara berhenti merokok dengan mudah ?

Berikut tips dan cara cepat berhenti merokok ;

1. Niat
Yang utama harus ada niat dari anda sendiri dan menyadari anda akan berhenti merokok, merokok tidak baik untuk anda dan orang di sekitar anda.

2. Ingat Bahaya merokok
Merokok bukan bahaya untuk anda sendiri tapi juga bagi orang di sekitar anda, seperti anak, istri, suami, ayah atau ibu anda, teman kerja anda dan lainnya. Yang terbesar adalah adanya flex paru paru yang sulit disembuhkan, sakit tbc, ispa, batuk menahun kanker tenggorokan, kanker hati dan kanker mulut. Ingat ini bukan menimpa anda saja, tyapi juga bisa menimpa anak anak anda yang menghisap bekas buangan asap roko anda, istri anda juga bisa terkena dan teman anda.

3. Ingat DOSA Merokok
Dosa terbesar meroko adalah menyakiti orang lain. Apakah anda tidak sadar sebenarnya orang lain marah jika anda merokok di dekat mereka, karena asapnya juga terhirup mereka, bahkan bahayanya lebih parah perokok pasif. Anda seperti cuek dengan kelakuan anda yang menyakiti anak anda, istri anda, orang tua anda, teman anda, tetangga anda dan penumpang angkot di dekat anda dan siapapun yang didekat anda merokok.

4. Ingat fatwa MUI bahwa merokok HARAM
Bagi anda yang muslim pasti tahu hukum merokok yang dikeluarkan MUI bahwa rokok haram. Jika anda takut neraka maka anda pasti berusaha menghentikan kebiasaan merokok. Tapi jika masih ngeyel ya terserah anda menanggung akibatnya sendiri.

5. PUASA
Apakah ketika puasa ramadhan anda yang perokok kuat bisa menghentikan kebiasaan anda ? Kalau bisa berarti anda punya peluang besar berhenti merokok. Mulai dengan puasa senin kamis, lama lama anda akan terbiasa berhenti merokok karena kebiasaan itu.

6. Mulai kurangi sedikit sedikit
Jika anda tidak langsung berhenti maka anda bisa mengurangi sedikit sedikit. Misalnya sehari dua bungkus bisa dikurangi menjadi sebungkus sehari, lama lama dikurangi setengah bungkus, seperempat bungkus, sebatang dan lama lama akan lupa.

7. Minta Istri / Suami / Anak dan seluruh anggota keluarga mengingatkan anda
Jika semua mengingatkan anda setiap akan merokok, maka lama lama anda akan merasa risih dan sungkan untuk merokok, dan lama lama akan lupa merokok.

8. Cari Teman Teman yang TIDAK Merokok dan Jauhi Teman Perokok
Mulai sekarang anda harus bisa menjauhi teman teman anda yang perokok, dan mulai berteman dengan teman teman yang tidak merokok. Sebab kebiasaan merokok pertama di mulai dari lingkungan dan teman di sekitar anda. Jika teman teman anda tidak ada yang meroko anda juga pasti risih dan lama lama akan berhenti merokok, namun jika anda masih berteman dengan teman perokok, maka jangan berharap anda akan bisa berhenti merokok.

9. Perbanyak kegiatan yang bermanfaat
Ikut berbagai kegiatan sosial dan olahraga yang menguras tenaga, sehingga bisa melupakan kebiasaan merokok anda.

10. DOA
Ini jangan sampai dilupakan, semua upaya diatas hanya ikhtiar kita saja, yang menentukan keberhasilan adalah Allah swt, maka jangan lupakan DOA agar kita terhindar dan terlepas dari jerat rokok. Karena sebagai orang Muslim, doa merupakan senjata terampuh untuk menuju sesuatu dan harapan.

Akhirnya semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang mau berhenti merokok, dan bagi anda yang belum candu rokok, jangan coba coba merokok, karena candu rokok sangat berat dan susah berhentinya.

Cityron's
Share it Please

bisnis sukses

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 INFORMASI DAN TIPS. Designed by Templateism | Love for The Globe Press