Informasi:

Ini merupakan blog yang berisi tips dan trick yang berguna bagi kita sehari hari, juga berisi tips dan motivasi bisnis

Minggu, 20 Desember 2015

14 Tips Membeli Mobil Bekas / Second Yang Benar

Tips Membeli Mobil Bekas
Bagi kita yang awam dan masih pemula mungkin masih bingung jika mau membeli mobil bekas, mana mobil yang bagus dan tidak menyesal setelah membelinya. Jangan sampai kita tertipu dengan penjual yang menawarkan mobilnya dengan kata kata yang manis tetapi akhirnya setelah anda beli anda tertipu karena mobilnya sudah tidak sesuai yang di bicarakan sebelumnya.

Untuk memcari mobil bekas sekarang sangat mudah, anda bisa cari di internet seperti olx, mobil123 dan lainnya banyak yang menawarkan, atau ke dealer mobil bekas sekitar kota anda atau bisa minta informasi ke teman jika ada yang mau jual mobil.

Jangan sampai anda tertipu dengan mobil yang akhirnya bolak balik masuk bengkel, dipakai gak nyaman, bekas banjir dan sebagainya, makanya berikut ini kami akan membantu untuk anda menemukan mobil bekas idaman tanpa tertipu lagi.

Berikut beberapa tips membeli mobil bekas :

1. Searching di internet dulu mobil yang anda inginkan. Cek harga pasarannya berapa, cek masalah yang sering terjadi pada mobil yang anda inginkan untuk mengeceknya jika pas beli. Cari sebanyak banyaknya referensi di internet agar lebih mudah jika sudah benar benar ketemu mobilnya.

2. Segera hubungi beberapa penjual yang ada di internet yang lokasinya di sekitar tempat anda, hubungi semua penjual yang anda mau beli mobilnya, tanyakan secara detil harga dan kekurangannya. Anda bisa cek TKP jika sudah benar benar cocok.

3. Anda juga bisa pergi ke showromm mobil bekas jika sudah fix mau mencari mobil yang diinginkan untuk referensi, karena jika tidak di siapkan nanti biasanya akan terpengaruh penjual mobil di showroom karena terbius dengan kata kata manis mereka yang ahli berdagang.

4. Kalau bisa anda mencari ke teman teman informasi, siapa tahu mereka ada yang menjual mobil yang anda inginkan, karena kalau kita tahu latar belakang pemakainya maka akan lebih terjamin. Atau mungkin teman anda bisa mencarikan informasi tentang siapa yang mau jual mobil. Biasanya kalau tangan kedua lebih mahal, karena akan menambah biaya perantara.

5. Ajak teman yang sudah ahli dan berpengalaman dalam memakai mobil agar anda tidak tertipu, karena kalau sudah lama punya mobil dan berpengalaman biasanya akan lebih faham masalah mobil. Atau lebih bagus ajak orang bengkel yang anda percaya.

6. Cek latar belakang mobil ke penjual, asalnya dari mana, dipakai untuk apa saja, pernah terkena banjir atau tidak, pernah bongkar mesin berapa kali dan lainnya

7. Pilih mobil dengan body yang masih bagus dan mulus, hindari bekas tabrakan, karena mobil yang mahal perawatannya adalah body dan kaki kaki daripada mesinnya. Kebalikan daripada sepeda motor yang diutamakan mesinnya daripada bodinya. Anda bisa bawa magnet untuk mengetesnya, jika magnet kurang melekat berarti banyak bekas dempulan, atau bisa di ketok dengan tangan kalau masih orisinil biasanya suaranya khas.

8. Hidupkan mesin dan test drive ke jalan yang rusak, kalau masih bagus maka mobil akan enak dipakai dan tidak bunyi kaki kakinya, dan anda test dengan rpm tinggi sekitar 1000, jika suaranya masih bagus berarti mesin masih normal, kalau sudah keras melebihi suara biasanya biasanya ada yang tidak beres atau pernah kena banjir. Kalau memungkinkan test ke daerah tanjakan, apakah mobil kuat menanjak atau tidak

9. Cek apakah mobil bekasnya pernah kena banjir atau tidak dengan mengecek bagian bawah mobil apaka ada bekas berkarat atau tidak, kalau berkarat berarti bekas banjir, tapi kadang ada yang sudah membersihkannya. Cek dibawah karpet mobil biasanya juga kelihatan berkarat kalau pernah kena banjir.
Dan bila mau repot lagi, bawa mekanik atau bawa mobil yang hendak dibeli ke bengkel. Disana, minta si mekanik untuk membuka juction box yang ada di balik dashboard di penumpang depan.
Biasanya,  kabel-kabel yang ada disana masih menyimpan bekas kotoran dari air banjir. Warna lapisan kabel pun berbeda antara kabel yang sudah 'berumur' dan kabel yang pernah terendam banjir.

10.  Buka kap mesin, kalau mesin masih kering berarti mesin masih bagus, kalau sudah ber oli berarti sudah banyak yang bocor olinya, sebaiknya jangan dibeli. Jika dinyalakan lihat knalpot apakah berasap tebal, kalau berasap tebal sebaiknya segera tinggalkan karena sudah banyak yang bocor

11. Cek semua surat surat mobil bekas tersebut, seperti BPKB, STNK, Buku KIR, faktur faktur dan dokumen lainnya. Bawa ke samsat untuk mengecek keaslian surat suratnya jika memang sudah fix anda membelinya.

12. Untuk interior anda bisa mengecek dashboard dan lampu indikator apakah masih normal semua, cek lampu luar apakah normal semua, langit langit kendaraan apakah masih bagus, jok apakah masih bagus dll. Jika semua masih bagus pasti otomatis akan mengurangi beban biaya anda selanjutnya. 

13. Cek cat kendaraan masih orisinil atau sudah diganti, karena cat yang ori harga jualnya lebih mahal. Cek ban apakah masih tebal atau sdh tipis, itu juga mempengaruhi harga.

14. Tawar dengan harga terendah, jangan langsung deal. Coba cari di penjual lain sampai beberapa tempat agar mendapatkan lebih baik harga dan mobil bekas istimewa. 

Itulah 14 tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu dan tidak menyesal setelahnya, semoga anda bisa mendapatkan mobil bekas yang masih bagus dan harga murah
Share it Please

bisnis sukses

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Betul gan, sebelum membeli mobil harus lebih teliti agar tidak menyesal dikemudian hari, terimakasih

      Hapus

Copyright @ 2013 INFORMASI DAN TIPS. Designed by Templateism | Love for The Globe Press