Informasi:

Ini merupakan blog yang berisi tips dan trick yang berguna bagi kita sehari hari, juga berisi tips dan motivasi bisnis

Selasa, 17 Mei 2016

Tips memilih Sekolah Anak TK dan SD Agar Mendapat Yang Terbaik

Tips memilih sekolah terbaik untuk anak kita
Memilih sekolah untuk anak kita memang gampang gampang susah. Sekarang banyak di sekitar kita yang menawarkan berbagai promo sekolah yang mereka tawarkan yang kadang membuat bingung menentukan mana sekolah terbaik untuk anak kita, karena semua sekolah memberikan brosur yang berisi hampir sama kualitasnya.

Nah maka dari itu kita sebagai orang tua harus jeli menentukan sekolah yang benar benar terbaik untuk masa depan anak kita, karena anak kita akan lama beraktifitas di sekolah dalam jangka waktu lama, jadi akan menentukan karakter dan kepribadian anak kita kedepannya.

cari sekolah dengan kegiatan extra yang bagus

Maka dari itu jangan hanya melihat brosur dan iming iming yang menarik di brosur, anda harus melihat dan survei secara langsung ke tempat sekolah sekolah tersebut, memang agak memakan waktu karena bukan hanya satu sekolah, tapi sangat berharga bagi masa depan anak kita nantinya. Jangan hanya tergiur dari megahnya bangunan dan mahalnya biaya. Setahun lalu kita dikagetkan oleh kasus pelecehan sex oleh beberapa oknum guru dan pegawai di sekolah JIS ( jakarta International School ), padahal apa yang kurang dari sekolah itu kalau kita lihat dari mewahnya saja. Sudah gedung yang megah, biaya mahal, guru guru import, pengamanan yang katanya ketat dan fasilitas mewah lainnya. Ternyata tidak menjamin akan keamanan anak, beberapa anak mengalami pencabulan oleh oknum guru dan pegawainya juga.

Maka dari itu mari kita perhatikan hal hal berikut sebelum kita memasukkan anak kita ke sekolah yang mau kita inginkan :

1. Coba datang ke sekolah tersebut, bagaimana tanggapan guru dan yang menyambutnya, apakah ramah dan sopan terhadap kita dan sayang terhadap anak kecil. Akan kelihatan ketika mereka menyambut kita dan anak kita dengan senyum yang tulus dan kata kata yang tertata rapi tidak dibuat buat.

2. Tanya informasi mengenai semua yang anda ingin tahu. Sekolah yang baik akan memberikan keterangan yang jelas dari awal sampai selesai dan tidak di pingpong sana sini yang membuat orang tua bingung. Kalau dari awal sudah tidak ramah dan komunikasi tidak baik sebaiknya anda segera mencari tempat sekolah lain.

3. Lihat penjelasan dari pihak sekolah, apakah mereka hanya menjelaskan administrasi saja atau mengutamakan permasalahan anak nantinya yang melibatkan orang tua ke depannya jika terjadi sesuatu di sekolah. Jika sekolah hanya menjelaskan administrasi saja maka kemungkinan besar sekolah hanya mengutamakan dana saja, kurang peduli masalah anak ke depannya

4. Lihat cara berpakaian gurunya. Untuk sekolah Islam sebaiknya pilih sekolah dengan guru yang berpakaian rapi dan biasa saja, tidak berdandan yang neko neko. Cari guru dengan jilbab standart untuk guru wanita, dan guru laki laki yang ramah juga.

5. Lihat di sekitar sekolah apakah orang jualan dibebaskan jualan di depan sekolah, atau ada pembatasan dari pihak sekolah. Jangan pilih sekolah yang membebaskan anak jajan di luar. Cari sekolah dengan aturan ketat bagi pedagang, dan memberikan snack serta makan siang di sekolah. Jika anak perlu jajan mereka pihak sekolah menyediakan kantin yang terjamin kesehatannya.

6. Pas istirahat coba lihat di kantin sekolah, apakah anak anak di situ bergaul dengan teman temannya memakai geng geng, atau berkata yang tidak sopan kepada temannya bahkan membullinya. Karena nanti kebiasaan buruk akan ditularkan ke anak kita jika sekolah di situ. Cari yang pergaulan anaknya baik dan sopan tutur katanya.

7. Lihat toiletnya apakah bersih. kalau toilet kotor sebaiknya hindari sekolah di situ, karena pihak sekolah tidak memperdulikan kesehatan lingkungan dan sekolahnya. Cari sekolah yang bersih dan rapi terjaga.

8. Tanya kepada guru apa saja yang diutamakan diajarkan di sekolah. Jangan hanya mencari kepandaian umum saja. Cari sekolah dengan pendidikan Agama yang utama dan akhlaknya. Labih baik yang diajarkan sholat dhuhanya dan berjamaahnya untuk membiasakan anak kita sholat nantinya.

9. Cari tahu program extra kurikuler apa saja yang diajarkan. Tanya prestasi anak didik sebelumnya. Semakin banyak penghargaan yang diperoleh, maka semakin besar kemungkinan sekolah fokus ke bidang extra selain pendidikan dasar untuk perkembangan mental anak kita juga.

10. Cari sekolah yang tidak mengutamakan nilai saja. Cari sekolah yang akan mengasah kemampuan anak dalam bidang yang sesuai dengan minatnya. Misal anak kita hobi bahasa, maka akan diutamakan belajar maksimal di bahasanya. Jika anak kita hobi olahraga maka akan diasah untuk kemampuan olahraganya agar bisa menghasilkan anak yang berkualitas.

11. Tanya jumlah siswa dalam kelas. Idealnya satu guru maksimal mendidik 20 - 25 anak. Jangan menyekolahkan di kelas yang lebih dari itu, karena guru akan tidak fokus nantinya kalau kebanyakan anak.

12. Lihat wajah wajah siswanya di kelas waktu belajar. Apakah kelihatan tegang atau santai. Kalau kelihatan tegang dan stress biasanya cara mengajar di sekolah itu kurang sesuai dengan kebutuhan anak.

13. Cek fasilitas di sekolah tersebut. Pastikan punya perpustakaan sendiri, lapangan olahraga, toilet bersih dan cukup, mushola sendiri, ada guru pembimbing khusus, ada satpamnya, guru yang kompeten, ruangan yang bersih dan aman, tanaman tanaman yang rapi, laboratorium komputer, lab ipa, majalah dinding kreatifitas siswa dan lainnya yang akan menunjang keaktifan anak.

14. Tanya ke wali murid yang anaknya sekolah di situ, bagaimana kesan mereka, hasil didikan mereka, anda juga bisa interview ke anaknya langsung agar anda bisa memastikan semuanya sesuai harapan anda.

Itu hanya sebagai gambaran dasar untuk panduan orang tua memilih sekolah yang terbaik untuk anaknya. masih banyak faktor lainnya yang harus di perhatikan. Misalnya kalau sekolah Islam maka harus kita perhatikan visi misi sekolah tersebut atau akidah yang di ajarkan apakah sesuai dengan kehendak kita. Jangan sampai bersekolah di sekolah dengan akidah dan ajaran yang menurut kita sesat. Karena akan sulit menyembuhkan otak yang sudah terdoktrin sejak kecil.

Cari sekolah dengan mengutamakan bakat dan minat anak untuk perkembangan terbaik anak, sekolah yang bisa menjembatani maksimal bakat anak kita, tidak hanya mengutamakan pelajaran umum saja yang menguras otak dan menjenuhkan. Karena sekolah adalah rumah kedua anak kita, dan sebagian besar waktu anak kita akan ada di sekolah. Maka jangan sampai salah pilih sekolah dasar untuk anak kita, kalau sudah terlanjur masuk maka akan perlu tenaga dan biaya untuk memindahkan anak kita nantinya, dan perlu adaptasi baru lagi.

Demikian tips memilih sekolah Tk dan SD terbaik untuk anak kita, semoga bermanfaat. Dari berbagai sumber

@cityrons

Share it Please

bisnis sukses

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 INFORMASI DAN TIPS. Designed by Templateism | Love for The Globe Press